Wednesday, 6 May 2015

Spesifikasi Ninja 250 Fi


Pabrikan motor Kawasaki  kembali meluncurkan varian motor sport terbarunya yang tergolong pemain lama dikelas motor sport  twin silinder . Saat ini dikelas motor sport 250cc,berbagai macam pabrikan seluruh dunia makin gencar meluncurkan produknya ke Indonesia. Tercatat lebih dari 5 pabrikan meluncurkan produk motor twin silinder ini ke Indonesia. Saingan pabrikan dengan warna khas hijau tersebut adalah Yamaha R25 yang tergolong pemain baru di kelas 250 cc ini. Kedua motor tersebut bersaing untuk mendapatkan status sebagai motor sport terbaik di Indonesia.

Spesifikasi Kawasaki Ninja 250 FI 2015

 


Body motor Kawasaki Ninja 250 FI 2015 ini mempunyai tangki yang besar berkapasitas 17  liter yang dipadukan dengan stang jepit bernuansa semi-balap dan juga fairing yang terlihat pas serta jok boncenger yang berjenis single seat terpisah oleh jok pengemudi yang menjadikan kesan sporty. Pada dasarnya Kawasaki Ninja 250 FI 2015 tetap menggunakan rangka yang sama  hanya ada beberapa perubahan pada sektor-sektor tertentu.  Dimensi Kawasaki Ninja 250 FI 2015 ini memiliki ukuran 2,010 x 715 x 1,110 mm.Dengan desain mesin yang besar dipadukan dengan desain body motor Kawasaki Ninja 250 FI 2015 tampak sangat kokoh dan lebih padat dibandingan dengan kompetitor lainnya.Speedo meter Kawasaki Ninja 250 FI 2015 ini menggunakan sistem digital yang mempunyai banyak panel yaitu penunjuk kecepatan, penunjuk rotasi mesin, indikator gigi, indikator lampu & sein serta indikator fuel injection yang akan memudahkan pengendara dalam memantau kondisi motor.Suspensi Kawasaki Ninja 250 FI 2015 didukung dengan suspensi depan berbentuk telescopic fork berdiameter 37 mm dan suspensi belakang berlink Uni-Trak dengan model Gas-Shok 5 tingkat setingan semakin membuat stabil dan nyaman dalam berkendara pada kecepatan rendah ataupun tinggi.Pada sektor lampu head lamp bagian depan terbagi dari 2 bagian  terlihat agresif dan tail lamp pada bagian belakang yang menggunakan stop-lamp berjenis LED  menjadikan motor Kawasaki Ninja 250 FI 2015  tampak lebih  agresif. 
Kopling Kawasaki Ninja 250 FI 2015 berteknologi assist & slipper clutch. Teknologi tersebut biasanya digunakan pada motor Kawasaki Ninja Series berkapasitas mesin besar serta diterapkan pada motor balap lainnya yang berguna untuk mengail akselerasi dan menurunkan berdeselerasi lebih mantap dan berguna di trek balap atau sirkuit.
Mesin berkapasitas 250 cc Kawasaki Ninja 250 FI 2015 terdiri dari dua silinder yang sejajar berteknologi DOHC dan 4 langkah/tak-6 percepatan dengan sistem pendingin yang berbasis Water Cooling motor Ninja 250-FI 2015  memberikan power maksimum sebesar 32 tenaga kuda (23.5kW) pada putaran mesin 11.000 RPM serta torsi maksimum sebesar 21.0 nM pada putaran mesin 10.000 RPM. Dengan torsi dan power maksimum tersebut akan mampu membuat pengendara melesat dengan cepat dan responsif menuju kecepatan tinggi. 
Power motor yang  tinggi tersebut tentunya harus diimbangi dengan perangkat pengereman yang memadai agar lebih aman dalam berkendara. Standarnya spesifikasi Kawasaki Ninja 250 FI 2015  ini memiliki rem depan dengan tipe cakram berdiameter 290mm serta rem belakang tipe disc juga yang berdiameter 220mm. Dengan versi pengereman standarnya tersebut tentunya Kawasaki Ninja 250 FI 2015 ini mempunyai keamanan yang masih kurang, karena apabila Kawasaki Ninja 250-FI 2015 dipacu pada kecepatan tinggi dan melakukan pengereman mendadak tanpa cara yang benar maka ban akan terkunci atau slip sehingga menghilangkan kestabilan dan akan mengakibatkan kecelakaan fatal. Maka dari itu Kawasaki Ninja 250 FI 2015 ini diluncurkan pula dalam versi pengereman yang lebih baik yaitu penambahan fitur ABS untuk menambah keamanan. Dengan fitur ABS ( Anti Brake-Lock System) ini maka apabila Kawasaki Ninja 250 FI 2015 dipacu pada kecepatan tinggi dan melakukan pengereman mendadak maka otomatis pengereman yang dilakukan akan diatur oleh mikro-processor yang akan meminimalisir terkuncinya ban atau slip ban sehingga kecelakaan dapat dihindari. Sejatinya untuk pengereman ini juga dapat dilakukan pada rem standar lainnya.